Monday - Saturday, 8AM to 10PM

Pemkab Lakukan Optimalisasi Data Statistik Sektoral OPD

Padang Aro - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menghimbau seluruh OPD untuk memproduksi data valid dan berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat yang berkepentingan. Dalam memproduksi data ini juga berkolaborasi dengan BPS Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Novirman mengatakan data yang diproduksi oleh OPD melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, kemudian diolah oleh BPS telah diterbitkan dalam bentuk buku Solok Selatan Dalam Angka.

"Data yang dipublish merupakan data valid yang sudah diverifikasi oleh Kominfo dan BPS," kata Novirman dalam Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024 di Hotel Pesona Alam Sangir, Selasa (20/02/2024).

Untuk itu Novirman kembali mengajak semua pihak untuk bahu-membahu memproduksi data valid dan berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat yang berkepentingan untuk mewujudkan ketersedian data yang berkualitas di Solok Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPS Solok Selatan Abdul Razi mengatakan bahwa Solok Selatan dalam angka merupakan produk kolaborasi antara BPS dan Kominfo. 

"Sebagian besar data yang di-published di Solok Selatan Dalam Angka merupakan data sektoral OPD, lebih dari 65%. Selebihnya adalah data-data yang bersumber dari BPS sendiri," terangnya.

Pada akhir acara, dilakukan penyerahan untuk OPD dan instansi vertikal di Solok Selatan yang aktif terlibat dalam produksi data.

Kategori OPD yang menyukseskan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023 diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kesehatan.

Kategori Metadata dan Rekomendasi Statistik Terbanyak Tahun 2023 diberikan kepada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) dan Dinas Pawisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olah Raga (Disparbudpora).

Kemudian kategori OPD Paling Responsif dan Kolaboratif 2024 jatuh kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Terakhir kategori Data Kompleks kepada Dinas Pendidikan. (DISKOMINFO)

 

Komentari Tulisan Ini