Monday - Saturday, 8AM to 10PM

Pemkab Solsel dan BPS Pastikan Penyajian Data untuk Daerah Dalam Angka 2023 Berkualitas

Padang Aro - Dalam upaya untuk terus melakukan pengayaan data dan menyajikan data yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan verifikasi dan validasi data sektoral OPD. Upaya ini dilakukan untuk memastikan data yang disajikan dalam Daerah Dalam Angka (DDA) 2023 memenuhi prinsip satu data.

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Firdaus Firman mengapresiasi seluruh OPD yang berkontribusi dalam upaya penguatan basis data daerah.

"Saat ini Solok Selatan sudah bergerak maju dalam hal data. Tahun ini kita akan lebih menguatkan basis data baik dari aspek kuantitas maupun kualitas data. Sehingga data valid yang kita dirlis tersebut dapat digunakan dalam hal melakukan perencanaan dan evaluasi pembangunan Solok Selatan," kata Firdaus dalam pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Solok Selatan Dalam Angka Tahun 203 di Hotel Pesona Alam Sangir, Selasa (15/2/2023).

Kegiatan FGD tahun ini mengangkat tema 'Dengan Kolaborasi, Kita Ciptakan Data Berkualitas' ditujukan agar data yang disajikan adalah data yang bersifat konsisten atau berkelanjutan yang dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan pemerintah daerah.

Firdaus menambahkan dengan data tersedianya yang berkualitas ini maka diharapkan pembangunan di kabupaten ini menjadi lebih tepat sasaran dan memenuhi asas manfaat.

Dalam kesempatan yang sama, BPS Solok Selatan memberikan penghargaan atas pengelolaan data sektoral OPD. Beberapa kategori yang dinilai antara lain:

  • OPD Paling Kontributif dalam Menyampaikan Metadata Statistik Sektoral dan Rekomendasi Statistik 2022 : Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan;
  • OPD yang berpartisipasi dalam Penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2022 : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Kesehatan;

- OPD Paling Responsif dan Kolaboratif dalam Penyusunan Solok Selatan Dalam Angka 2023 : Dinas Kesehatan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

- Lembaga Paling Responsif dan Kolaboratif dalam Penyusunan Solok Selatan dalam Angka 2023 Kategori Instansi Vertikal : Kantor Kementerian Agama Solok Selatan. (DISKOMINFO)

Komentari Tulisan Ini