• DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  • Kabupaten Solok Selatan

Untuk meningkatkan kinerja jorong, Pemkab Hibahkan 39 Kendaraan Roda 2 ke Pemerintahan Nagari.

Padang Aro - Bupati Solok Selatan menyerahkan sebanyak 39 (tiga puluh Sembilan) kendaraan operasional roda 2 kepada Jorong berprestasi di Kab. Solok Selatan (10/11/2021). Secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi dan Ketua DPRD Zigo Rolanda, SE setelah selesai pelaksanaan upacara peringatan hari pahlawan di Halaman Kantor Bupati.
 
Hibah kendaraan ini merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan atas prestasi yang telah diraih oleh jorong-jorong dalam melaksanakan program pemerintah daerah. Kriteria penilaian adalah capaian realisasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), cakupan realisasi masyarakat yang ikut vaksin covid 19 dan penilaian kebersihan serta adanya kegiatan inovasi untuk kemajuan masyarakat jorong, sebut Kepala Dinas PMD Solok Selatan.
 
Salah satu jorong di Kab. Solok Selatan yang terletak di Nagari Alam Pauh Duo yang mendapatkan hibah kendaraan adalah Jorong Pekonina. Indikator capaian Vaksin di jorong Pekonina merupakan terbanyak di Kec. Pauh Duo, Adanya Gapoktan Nagari Persiapan Pekonina yang terdiri dari 38 kelompok tani yang pusatnya di Pekonina. Pemberdayaan ekonomi masyarakat seperti kegiatan menjahit, menyulam, tata boga yang difasilitasi oleh peruhahaan supreme energy juga berkembang. Dari segi keamanan, aktif melibatkan pemuda dan tokoh masyarakat, melaporkan kegiatan trantib lingkungan ke Pemerintah Nagari. Inovasi lainnya adalah pembuatan pupuk organik, penyediaan air bersih konsumsi /pamsimas, ungkap Gusferi Forsa, SE PJ wali nagari persiapan Pekonina Alam Pauh Duo.
 
Senada dengan hal tersebut diatas, pemerintah kabupaten senantisa mendorong seluruh pemerintahan nagari dan jorong untuk mengutamakan kebutuhan masyarakat. ‘’kita perlu memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja jorong dalam penyelenggaraan pemerintahan di masing-masing nagari khususnya wali jorong’’, sebut Wabup Solok Selatan H Yulian Efi. (SY/DISKOMINFO)

Komentari Tulisan Ini