• DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  • Kabupaten Solok Selatan

Pt Supreme Energy Klarifikasi Terkait Video Semburan Uap

Senin, 22 Februari 2021 Pt Supreme Energy Klarifikasi Terkait Video Semburan Uap. Acara Dihadiri Oleh Pihak Supreme Energy, Kapolres, TNI, Dinas Lingkungan Hidup, Diskominfo, PWI Solok Selatan, dan Undangan.

Mengenai Kejadian Pihak Pt Supreme Energy Memberikan Penjelasan terkait Dengan Berita Di media Sosial Bersumber dari video yang diunggah oleh penduduk lokal saat terjadinya katup pengaman otomatis lepas ( Rupture Disk ) yang mengakibatkan semburan uap pada tanggal 8 Januari 2021 lalu dilokasi ML-F lapangan panas bumi Muara Labuh Kab Solok Selatan milik SEML.

Pihak Supreme Bpk Nofrin Nafilus memberikan edukasi, bahwa uap yang disemburkan pada saat kejadian merupakan uap air biasa dari proses pengolahan uap Gheotermal dan tidak mengandung gas Beracun yang melebihi nilai bang batas ataupun mengandung gas yang mudah terbakar, karena sistem dan proses semburan tersebut memang sengaja dirancang otomatis terjadi pada kondiai tertentu (Kelebihan (Jumlah Uap) yang perancanganya sudah memprtimbangkan lokasi penyemburan.

Kemudian Kelebihan Uap yang memicu terjadinya semburan otomatis ini dapat terjadi oleh beberapa hal seperti dinamika pengujian sumur yang sangat bergantung pada kondisi Reservoir dibawah permukaan tanah, Dinamika Operasional saat melakukan perubahan beban listrik yang ditransmisikan ke Grid PLN dan Lain - lain.
Ringkasnya, Semburan otomatis ini memang disengaja dirancang bangun untuk bekerja secara otomatis sebagai pengamanan sistem keseluruhan bila terjadi kelebihan jumlah uap yang seharusnya dialirkan ke Turbin.

Diharapkan kedepan Himbauan dan Edukasi yang dijelaskan Pihak Pt SEML ini diharapkan sampai ke tengah - tengah masyarakat dan menjadi pengetahuan positif, agar lebih bijak dan tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum jelas kebenarannya.

 

Komentari Tulisan Ini