Monday - Saturday, 8AM to 10PM

Perencanaan

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Solok Selatan TA. 2021-2026.

Kegiatan penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah yang perlu mendapat perhatian adalah aspek perencanaan pembangunan daerah. Terkait dengan perencanaan pembangunan daerah ini, Pemerintah telah menetapkan seperangkat peraturan, antara lain Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan aturan tentang penyelenggaran pemerintahan daerah, terakhir Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang ini mengamanatkan kepada pemerintah daerah untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah sebagai satu kesatuan sistem perencanaan pembangunan nasional. Perencanaan pembangunan daerah tersebut meliputi RPJP Daerah untuk jangka waktu dua puluh tahun, RPJM Daerah untuk jangka waktu lima tahun dan RKPD untuk jangka waktu satu tahun.

Ketentuan tentang perencanaan pembangunan daerah tersebut diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. RPJP Daerah memuat visi, misi dan arah pembangunan daerah yang mengacu kepada RPJP Nasional.

RPJM Daerah merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah yang penyusunannya berpedoman kepada RPJP Daerah dengan memperhatikan RPJM Nasional. RPJM Daerah memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum dan program satuan kerja perangkat daerah, lintas satuan kerja perangkat daerah dan program kewilayahan disertai rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021. RPJM Daerah ini menjadi pedoman bagi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dan segenap pemangku kepentingan (stakeholder) dalam pelaksanaan pembangunan selama lima tahun ke depan.

RPJMD KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN 2021-2026

RENSTRA DINAS KOMINFO Tahun 2021-2026